Wujudkan Inklusi Terpadu Keuangan Syariah, Laboratorium SIBISA IAI Al-Khairat Pamekasan
Gelar RAT Ke-6

By admin 24 Mar 2022, 16:33:23 WIB Ekonomi
Wujudkan Inklusi Terpadu Keuangan Syariah, Laboratorium SIBISA IAI Al-Khairat Pamekasan

Keterangan Gambar : RAT KE-6 Laboratorium SIBISA IAI Al-Khairat Pamekasan


Kampus IAI Al-Khairat Pamekasan tidak hanya menyelenggarakan kegiatan akademis di bidang ekonomi syariah, tetapi juga

berkomitmen dalam inklusi ekonomi dan keuangan syariah dalam kegiatan nyata. Melalui keberadaan laboratorium keuangan syariah yang didirikan 6 tahun lalu kampus yang berbasis pesantren ini secara komprehensif mengembangkan produk dan jasa keuangan dengan akad syariah.

Baca Lainnya :

 

"Ini merupakan tahun keenam berjalannya laboratorium keuangan syariah, yang dalam perkembangannya terus mengalami peningkatan aset dan luasan kegiatan. Sejak 2021, laboratorium keuangan syariah SIBISA Al-Khairat memiliki badan hukum pada Kemenkumham dan Dinas Koperasi sebagai Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS)", ujar Fadali Rahman selalu manajer.

 

Meskipun fungsi utama sebagai laboratorium, namun realitanya SIBISA juga mengalami perkembangan yang signifikan. Saat ini anggota yang tercatat berjumlah 1.978 orang dengan jumlah modal awal 40 juta kini telah berkembang pesat menjadi 412 juta yang dikelola. Sebagian besar disalurkan untuk membantu menyelesaikan kebutuhan finansial dosen dan mahasiswa, terutama dalam hal pendidikan, papar Fadali Rahman.

 

Semangat SIBISA, yang memiliki kepanjangan nama sentra inkubasi bisnis syariah IAI Al-Khairat sesungguhnya adalah peningkatan literasi dan learning center bagi civitas akademika dalam bidang keuangan syariah khususnya dan ekonomi syariah pada umumnya. "SIBISA ini pada dasarnya adalah tempat pembelajaran yang komprehensif terhadap industri keuangan syariah, mahasiswa maupun dosen tidak sekedar belajar secara teoritis tetapi juga praktis. Sehingga diharapkan ada insight sekaligus input bagi terciptanya sumber daya manusia di bidang keuangan syariah", tutur salah satu pendiri KSPPS SIBISA, Aang Kunaifi.

 

Pada RAT ke-6 yang dihadiri oleh jajaran rektorat, dinas Koperasi, dan pengurus, Abdul Kadir selaku ketua menandaskan bahwa KSPPS SIBISA Al-Khairat akan terus membantu civitas akademika untuk menjadi solusi permasalahan finansial mahasiswa, dosen, dan masyarakat sekitar. (mk236)

Kontributor  : Aang Kunaifi (IAI Al-Khairat Pamekasan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment